Selasa, 06 Desember 2011

Pengenalan dan Pemilihan Bahan untuk Garnish (2)

Jenis Sayuran.
1. Labu Kuning/Waluh 
KARAKTERISTIK
Berat rata-rata berkisar 2-3 kg, labu yang bulat daging buahnya lebih padat, daging berwarna kuning, tidak banyak mengandung air, berbiji, dapat dimakan setelah dimasak/diolah. Tahan dalam beberapa bulan, kulitnya cukup keras.
PENANGANAN:
     Sebelum diukir/dibentuk
Tergolong lebih mudah penanganannya, dapat diukir untuk dipergunakan 1 atau 2 hari sebelumnya.
     Setelah diukir/dibentuk
Cukup dibungkus plastik dan ditempatkan diruang ber-AC atau tempat yang sejuk.

JENIS & BENTUK:
Pilih labu kuning yang bulat atau yang panjang, ar, besar, serta permukaan kulitnya licin, tidr bagian yang rusak atau busuk.
WARNA KULIT:
Cokelat keputihan apabila sudah matang, putih muda.

2. Lobak

KARAKTERISTIK
Umbi ini berasal dari Cina, rasa agak pedas, mengandung banyak air, berserat, daging buah mudah mengering dan menguning.
PENANGANAN:
     Sebelum diukir/dibentuk
Dicuci bersih, dan disimpan dilemari pendingin atau tempat yang sejuk.
     Setelah diukir/dibentuk
Setelah diukir segera direndam dengan air dingin, kemudian diangkat dan dibungkus dengan plastik dan ditaruh dilemari es atau ruang ber AC apabila akan dipakai keesokan harinya.

JENIS & BENTUK:
Pilih lobak yang panjang bulat dan besar, tidak banyak serat. Permukaan kulit licin (tidak berbuku-buku), segar, tidak ada bagian yang rusak atau busuk.
WARNA KULIT:
Putih

3. MENTIMUN

KARAKTERITIK
Mentimun lokal memiliki kandungan air yang lebih banyak dibanding mentimun Jepang, berbiji, dan mengandung sedikit getah. Kulit kerasnya mengandung mineral penting termasuk silica.
PENANGANAN:
     Sebelum diukir/dibentuk
Dicuci bersih, dan disimpan di lemari pendingin atau tempat yang sejuk.
     Setelah diukir/dibentuk
Setelah diukir untuk memudahkan membentuk bagian-bagian yang akan ditekuk dapat direndam sebentar dalam air garam kemudian segera rendam dengan air dingin untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan, kemudian diangkat dan dibungkus dengan plastik dan ditaruh di lemari es atau ruang ber AC apabila akan dipakai keesokan harinya.

JENIS & BENTUK:
Untuk mentimun lokal & Jepang, pilih mentimun yang panjang, bulat, besar, tidak banyak serat, permukaan kulit licin (tidak berbuku-buku), segar, dan tidak ada bagian yang rusak atau busuk.
WARNA KULIT:
Hijau

4. WORTEL

KARAKTERISTIK:
Jenis umbi-umbian, rasa sedikit manis, mengandung air, berserat, banyak mengandung vitamin A.
PENANGANAN:
Membutuhkan banyak air, setelah diukir segera direndam untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan, kemudian diangkat dan dibungkus dengan plastik dan ditaruh di lemari es atau ruang ber-AC apabila akan dipakai keesokan harinya.

BENTUK:          
Pilih wortel yang panjang bulat dan besar, tidak banyak serat permukaan kulit yang licin (tidak berbuku-buku), segar, tidak ada bagian yang rusak atau busuk.
WARNA KULIT:
Orange

5. KACANG PANJANG
 KARAKTERISTIK
Rasanya enak, gurih dan agak manis. Kacang panjang dapat langsung dimakan dan dapat diproses melalui pemanasan (dimasak), tidak dapat diukir karena dipakai sebagai pelengkap hiasan seperti tangkai dari suatu bunga.
PENANGANAN:
Sebelum dihias dibersihkan dan direndam dengan air garam agar mudah dibentuk

BENTUK
Pilih yang segar, dan panjang, disarankan memakai kacang panjang yang berwarna hijau tua, tidak layu/busuk dan tidak berulat.
WARNA KULIT:
Hijau tua
 
 
6. SAWI PUTIH

KARAKTERISTIK
Seperti daun selada, mengandung banyak air dan serat, daun ini tidak dapat diukir karena hanya sebagai pelengkap hiasan.
PENANGANAN:
Sebelum dihias dibersihkan dan direndam dengan air garam sedikit untuk mengeluarkan jika ada ulat sawi, masing-masing kelopak daun dapat dibuka satu persatu tanpa dipotong memakai pisau, bagian pucuknya biarkan membentuk suatu mahkota.

BENTUK:
Pilih yang besar, segar, tidak layu/busuk, bentuk daunnya keriting.
WARNA KULIT:
Hijau muda

6. TERONG UNGU

KARAKTERISTIK
Terong ungu banyak bijinya, jika dimasak warna kulitnya berubah menjadi cokelat meski rasanya tidak berubah, bergetah jika dipotong/diiris. Terong hijau besar rasanya sedikit lebih pahit.
PENANGANAN:
Dicuci bersih sebelum dihias, apabila diukir direndam dalam air garam agar warna daging buah tetap putih dan tidak menjadi cokelat.
PENANGANAN:
Dicuci bersih sebelum dihias, sebaiknya diukir sesaat sebelum di hias



BENTUK:
Pilih terong yang bulat, besar, panjang, segar, tidak layu/busuk, dan bentuk terong seperti leher angsa/ burung.
WARNA KULIT:
Ungu/hijau muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar