Selasa, 06 Desember 2011

Pengertian Garnish

Garnish adalah hiasan untuk makanan. Hiasan dalam hal ini adalah segala sesuatu yang umumnya bisa dimakan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menunjang penampilan suatu hidangan, sekaligus menggugah selera makan.

Sebelum menyantap suatu hidangan, indra matalah yang pertama kali menangkap penampilan suatu hidangan. Jika penampilannya kurang baik sehingga tidak menggugah selera, kita bisa mengurungkan niat untuk mencicipinya meskipun sebenarnya hidangan tersebut sangat lezat rasanya. Kesannya akan berbeda jika hidangan yang disajikan diberi hiasan menarik yang sekaligus biru dimakan. Hidangan nasi goreng yang disajikan begitu saja di atas piring akan lain kesannya jika diberi hiasan cabai dan tomat yang dibentuk bunga serta ketimun yang dibentuk daun, misalnya. Garnish yang dibuat oleh mereka yang ahli memang sangat menarik dan tampaknya rumit, padahal sebenarnya membuat garnish tidaklah sisukar yang dibayangkan. 

Keterampilan membuat garnish tidak hanya dimiliki mereka yang berbakat seni saja, semua orang bisa membuatnya sendiri. Yang dibutuhkan untuk menguasai keterampilan garnish adalah kesabaran, ketekunan, din keinginan untuk selalu mencoba lagi jika mengalami kegagalan hingga berhasil. Peralatannya pun tidak banyak dan mahal, cukup pisau tajam berujung runcing, dilengkapi puruit dan lain yang sangat mudah didapat seperti gunting, tusukan gigi, dan talenan.

1 komentar: