Jumat, 09 Desember 2011

Perlakuan Khusus Pada Garnish (2)

PERLAKUAN TERHADAP BUAH DAN SAYUR SEBELUM DIUKIR
  1. Bersihkan buah dan sayur sebelum diuki Buang bagian-bagian yang tidak perlu atau yang tidak akan diukir. Cuci agar sisa kotoran tidak menempel. 
  2. Wortel dan lobak tidak perlu direnda dalam air sebelum diukir karena strulc. daging buah akan menjadi lebih kenyal untuk diukir. 
  3. Untuk melon dan semangka, cuci bahan kulit buahnya sebelum diukir. Bila sudah diukir, jangan dicuci lagi agar buah tidak kehilangan rasa aslinya dan daging buahnya tidak mudah rusak. 
  4. Pepaya harus diperlakukan dengan hati- hati karena kulitnya sangat rentan terhadap goresan dan daging buahnya yang cepat mudah rusak. 
  5. Sawi putih harus cuci bersih dengan membuka lapisan kelopaknya satu per satu. Jika kelopaknya bolong-bolong bisa jadi ada ulat di dalam sayur, maka cuci dan bersihkan. 
  6. Bengkuang adalah jenis umbi-umbian, biasanya sisa tanah masih melekat pada kulit buahnya. Sebelum diukir, cuci dulu hingga bersih sehingga pada waktu mengupas kulit buahnya, tidak ada lagi sisa tanah yang melekat pada tangan dan daging buah tetap putih bersih. Klasifikasikan bengkuang berdasarkan ukurannya. Ukuran besar untuk bunga-bunga besar dan mekar atati bentuk binatang, sedangkan ukuran bengkuang kecil untuk bunga-bunga yang lebih kecil. 
  7. Untuk labu kuning, sebelum dikupas, buang getahnya dengan menoreh/ menyayat kulitnya secara acak agar getahnya dapat keluar dan kulit buah tidak banyak mengeluarkan getah ketika dikupas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar